Pupuk Yang Paling Baik Untuk Anggrek

Tanaman anggrek memerlukan pupuk yang banyak. Pupuk yang digunakan pada tanaman ini pun merupakan jenis pupuk kandang atau pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Sehingga jika kita ingin memberikan pupuk dengan dosis yang banyak tidak akan bermasalah. Khususnya pada anggrek cattleya biasanya diberikan pupuk alami. Jika tidak menggunakan pupuk alami tanaman tersebiut akan mudah rusak dan batang tanaman lama-kelamaan akan membusuk.

Pemberian pupuk pada daun tanaman diberikan seminggu sekali. Pupuk tersebut diberikan dengan cara disiram langsung pada daun tanaman, jika pupuk diberikan dengan cara disemprot maka reaksi yang diberikan pada pupuk akan sangat lambat.

Selain pupuk kandang dan pemupukan melalui daun kita juga bisa memberikan pupuk NPK sebagai pelengkap pupuk kandang. Namun NPK tidak terlalu berbahaya sehingga masih aman dilakukan.

Waktu dan Dosis Pemupukan Bunga Anggrek

Pemupukan pada tanaman anggrek perlu dilakukan untuk memberi nutrisi pada anggrek. Namun pemupukan bukan kunci utama bagi keberhasilan penanaman anggrek. Kondisi lingkungan yang diperlukan anggrek diutamakan. Pupuk perlu menggunakan aturan dosis yang sesuai karena jika tidak sesuai atau berlebihan justru akan merusak tanaman. Sebaiknya bila pemupukan jarang dilakukan tanaman akan kekurangan unsur hara sehingga pertumbuhan terhambat.

Pemupukan anggrek bulan atau phalaenopsis sebaiknya dilakukan seminggu sekali melalui daun. Waktu pemupukan yang baik adalah saat matahari mulai mengenai tanaman yaitu pukul 08.00 - 10.00. Ini disebabkan pada waktu tersebut proses pemasakan dan pengangkutan makanan mulai berlangsung. yang sering dikenal dengan istilah asimilasi.

Pupuk dapat digolongkan menjadi 2 yaitu
1. Pupuk organik
Pupuk yang dibuat dari bahan alami. Kelebihan pupuk ini ramah lingkungan yaitu tidak berdampak buruk bagi lingkungan maupun pemakai. Sementara kekurangannya adalah berbagau busuk saat pengaplikasiannya sehingga sebagian orang dengan menggunakannya.

2. Pupuk Anorganik
Pupuk ini terbuat dari berbagai bahan kimia. Pupuk ini kebalikannya pupuk organik. Namun apapun pilihannya yang terpenting adalah pupuk tersebut harus mengandung unsur hara makro dan mikro bagi kelangsungan tumbuhnya tanaman baik vegetatif maupun generatif.

Anggrek termasuk tanaman yang lamban pertumbuhannya. Sehingga banyak orang yang tidak sabar untuk melihat anggreknya cepat berbunga yang dipacu dengan pemupukan. hasilnya tanaman anggrek hanya mengalami pertumbuhan dantidak berbunga. Sebenarnya pembungaan dapat dipacu dengan hormon. Dengan syarat tanaman memang sudah siao umur dan batangan kurang lebih 18 bulan setelah dikeluarkan dari botol untuk berbunga pertama.

Unsur hara yang dibutuhkan tanaman dapat

Pupuk Anggrek
Terdapat bermacam - macam jenis pupuk yang biasa digunakan untuk anggrek, antara lain

1. Growmore


Growmore merupakan pupuk pertumbuhan dengan perbandingan NPK 
Growmore NPK 32 10 10 digunakan untuk mempercepat pertumbuhan, mengandung Nitrogen yang bagus untuk pertumbuhan
Growmore NPK 10 55 10 digunakan untuk mempercepat pembuahan dengan kandungan Phospor yang tinggi
Growmore NPK 6 30 30 digunakan untuk mempercepat pertumbuhan buah dan bunga dengan kandungan Phospor dan Kalium yang tinggi 


Penyemprotan paling bagus pukul 06.00-09.00 karena waktu itu stomata sedang terbuka. Lakukan penyemprotan 2x dalam 1 minggu 


2. Pupuk Namira 



Pupuk Namira merupakan pupuk organik berwujud cair yang diformulasikan khusus dari bahan alami. Pupuk ini mengandung zat perangsang tumbuh yang berperan dalam memacu perkembangan dan pertumbuhan tanaman hias khususnya anggrek.

Manfaat Pupuk Namira 

  1. Merangsang pertumbuhan dan perkembangan tunas akar dan daun 
  2. Meningkatkan pembungaan 
  3. Mengurangi kerontokan bunga 
Cara Penggunaan :
  1. Larutkan 2cc pupuk cair Namira ke dalam 1 liter air 
  2. Semprotkan secara merata pada batang dan daun 
  3. Lakukan penyemprotan secara berkala 1 x seminggu. Semprot pada pag hari ketika stomata terbuka 
3. Keikevick 

Keikevick merupakan hormon lengkap penumbuh tunas, pembesar pemanjang, pembuah dan pencegah rontok bunga. Keikevick mengandung H2F1 yang mempunyai manfaat sebagai berikut :

  • Mempercepat pertumbuhan daun jadi lebih lebar, keras, lebar, tebal, berisi, mengkilat warna asli dan tidak mudah rontok
  • Mempercepat perkembangan tumbuh jadi kokoh, kuat, bersih, dan cepat membelah selnya
  • Mempercepat keluarnya bunga jadi lebat, kuncup di setiap pori pori, putik tidak mudah rontok 
  • Mempercepat keluarnya akar baru dan sehat 
  • Mempercepat keluarnya tunas dari setiap tunas akan bermunculan
  • Menjadikan tanah gembur terbebas dari hama dan tidak merusak unsur hara 









Komentar

  1. Brp hari sekali di semprotkan keikevicknya mas?
    Tanaman usia brp ya di semprot keikevick nya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Populer