Cara Memilih Bibit Anggrek Dalam Botol


Bibit anggrek botolan kebanyakan merupakan hasil hibridasi dari induk - induk yang berkualitas. Keuntungan terbesar dari pembudidayaan anggrek yaitu kita akan mendapat jumlah bibit anggrek yang banyak dan dengan harga yang terjangkau. Jika pemeliharaannya sampai siap berbunga maka keuntungan yang diperoleh jika dijual lagi akan sangat banyak. Jadi investasi yang sangat baik terletak disini.

Namun yang menjadi kendala adalah pada saat pemilihan bibit anggrek botolan tersebut. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih bibit anggrek botolan antara lain :
  1. Bibit berasal dari induk silangan yang sudah dikenal baik dan memberi gambaran hasil silangannya akan mempunyai prospek yang baik. Selain itu anggrek yang dipilih merupakan anggrek yang sesuai dengan selera masyarakat. Bagi yang pemula sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan rekan-rekan yang ahli anggrek, yang perlu diperhatikan yakni apakah bibit anggrek botolan tersebut untuk bunga potong atau termasuk bunga anggrek yang eksotik.
  2. Bibit ukurannya seragam dan sudah cukup besar dapat dipindahkan dalam kompot. Dalam memilih bibit anggrek, pilih botol yang besar seperti bibit dalam botol wisky atau yang lebih bagus bibit import dari taiwan. Ukuran yang tidak seragam akan meyulitkan dalam pemiliharaan karena bibit kecil biasanya berkompetisi untuk mendapatkan nutrisi sehingga anggrek yang kecil akan kalah. Bibit anggrek yang akar-akarnya cukup kuat lebih disukai daripada bibit yang daun dan batangnya besar. Harus diingat bahwa bibit yang baru dikeluarkan dari botol akan menghadapi cekaman terhadap lingkungan, Bibit yang baru dikeluarkan dari botol belum cukup baik pengendalian transpirasinya, karena stomata belum berfungsi dengan sempurna, demikian juga organ fotosintesisnya belum berfungsi secara sempurna. Dalam memilih anggrek botolan jangan memilih anggrek botolan yang terlalu berdesakan karena akan menyulitkan pemindahan atau pengeluaran bibit anggrek dari botol. 
  3. Bibit anggrek botolan tidak ditumbuhi jamur / bakteri, sehat, dan subur Bibit jamur seperti di atas jangan dibeli, 
Anggrek dalam botol saus

Anggrek dalam botol wisky

Komentar

Populer