Gambaran Umum Anggrek Ciri Ciri Manfaat Hingga Penanaman


Bunga Anggrek dalam bahasa latin disebut "Orchidaceae". Berasal dari bahasa yunani, "orchis" yang artinya berarti buah zakar atau Testicle. Mitos terdahulu menyebutkan anggrek ini erat kaitannya dengan seorang pria. Jika seorang pria sudah memberikan anggrek pada seorang wanita maka ia telah menambatkan hatinya pada wanita tersebut. Bunga anggrek memiliki makna simbol kesuburan dan kejantanan. Mitosnya juga jika kita mengkonsumsi anggrek muda maka kemungkinan besar akan memiliki anak laki-laki. Sebaliknya jika mengkonsumsi anggrek tua maka akan mempunyai anak perempuan. Maksud dari mengkonsumsi disini bukan memakan bunganya, melainkan menikmati keindahan dan keunikan yang ada pada bunga anggrek. 

Bunga anggrek masuk dalam kelompok tanaman berbiji tertutup atau berbunga. Biasa disebut angiospermae. Termasuk juga monocotyledone, yakni tanaman biji tunggal. Anggrek hidup di dataran rendah, hutan rimba yang panas, gurun keringa sampai dataran tinggi. Bahkan anggrek tetap tumbuh du puncak gunung salju. Namun anggrek paling banyak ditemukan di daerah tropis. Hal inilah yang disebabkan agroklimat daerah tropis. Daerah tropis sangat cocok untuk kehidupan bunga anggrek. 

CIRI - CIRI ANGGREK

Para pakar sepakat bahwa terdapat lebih 25.000 jenis anggrek yang tersebar di seluruh dunia. Namun karena banyak kerusakan hutan maka jenis spesies anggrek banyak yang hilang. Di Indonedia sendiri terdapat +- 4.000 spesies anggrek, terutama di bagian papua, sumatera, kalimantan dan jawa. Di pulau pulau tersebut jumlah anggrek sangat banyak. Anggrek yang popur di Indonesia adalah " Anggrek Bulan (Phalaenopsis Amabilis). 

Anggrek bulan secara resmi dinobatkan sebagai bunga nasional pada tanggal 5 Juni 1990. Bunga ini memiliki warna putih bersih, lidahnya kuning dan terdisi 46-60 spesie dimana 22 tumbuh secara alami di Indonesia. 

Anggrek bulan menarik untuk dibudidayakan baik secara sederhana ataupun kultur jaringan. Anggrek alam akan terus dilestarikan sebagai sumber plasma nutfah demi terciptanya hibrida-hibrida jenis anggrek baru.

MANFAAT BUNGA ANGGREK

DI berbagai kalangan, anggrek biasanya dipergunakan sebagai simbol cinta, keindahan serta kemewahan. Dalam masyarakat yunani, bunga anggrek dijadikan sebagai simbol kejantanan. Berbeda dengan masyarakat Tiongkok, mereka sering menggunakan bunga ini sebagai bahan wewangian pada masa kekaisaran kuno. Adapun Negara China yang memanfaatkan bunga anggrek ini sebagai obat yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Berikut ini adalah manfaat tanaman anggrek yang telah di rangkum 

1. Penghilang Stress
Menurut pakar kesehatan, dengan membudidayakan bunga anggrek dalam rumah sebagap ai tanaman hias, maka hal ini akan membantu seseorang mengurangi tingkat stressnya. 
Wewangian aroma yang keluar dari bunga anggrek dapat memberikan efek ketengangan, kedamaian dan relaksaski terhadap pasien yang mengalami stress.

2. Tonik Panjang Umur
Berdasarkan keyakinan masyarakat china, bunga anggrek (khususnya jenis IDendrobium) dimanfaatkan sebagai ramuan tonik atau teh herbal yang selanjutnya dicampur dengan akar tumbuhan licorice. Efek dari ramuan ini antara lain :
  • Membantu mentransmisikan energi penyembuhan ke seluruh organ tubuh manusia.
  • Membantu menyehatkan dan melembabkan kulit. Selain itu anggrej mencegah kekeringan dan kulit bersisik.
  • Menjadi pelepas dahaga di saat polusi udara sedang terjadi. Asap akan menyebabkan paru-paru dan saluran udara akan terasa kering. Sehingga rasa haus meningkatkan. Dengan adanya bunga anggrek maka dehidrasi akan teratasi.
  • Sebagai obat penyakit perut kembung, tuberkulosis, anoreksida, demam, keringat malam dan dispesia secara efektif
  • Mengatasai sakit perut seperti kram dan muntah-muntah
  • mengobati ganguan seksual seperti impotensi
  • Membantu meningkatkan imunisasi serta mengatasi ganguan penglihatan seperti infeksi mata
3. Mengatasi Gangguan Fungsi Otak dan Saraf
Cypripedium pb adalah salah satu dari sekian banyak spesies anggrek yang akarnya       memiliki kandungan minyak atsiri, gula, tanin, pati, resin serta memiliki fungsi untuk menyembuhkan ganguanpenyakit lain.

4. Mengobati sakit gigi dan telinga
Arethusa Bulbosa adalah salah satu spesies anggrek yang mempunyai akar berkhasiat dan mampu menyembuhkan sakit telinga serta sakit gigi.

5. Menyembuhkan Demam dan Nyeri pada sendi
Jenis Aplestrum hyemale digunakan untuk mengatasi nyeri dan ganguan bisul

6. Mencegah penuaan dini
Bunga nggrek merupakan jenis tumbuhan yang terbukti mampu memperbarui sel-selnya sendiri sehingga ia bisa hidup pada jangka waktu yang relatif lama. Ekstrak minyak pada bunga anggrek mampu membantu memanjakan kulit, yaitu kulit terasa kencang hingga terasa lebih awet muda

CARA PENANAMAN

Tanaman anggrek perlu mendapat perhatian dan pemeliharaan sepanjang hari secara teratur. Hal ini bertujuan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah. Pada proses pemilihan bibit anggrek, pilih yang sudah tua/matang, mempunyai daun cukup banyak dan memiliki umbi berwarna hijau agak kecoklatan. Jika semua sudah terpoenuhi maka tahap selanjutnya adalah pemindahan ke media lain. Pastikan anggrek mempunyai kelembaban yang cukup, usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung karena dapat membakar daunnnya. Tapi juga jangan sampai terlalu lembab karena dapat membuat akar busuk. 














Komentar

Populer